Bagi teman-teman yang mempunyai
hobi modif motor disini aku akan berbagi cara ngemodif Shogun R 125 menjadi
Shogun SP. Nah,,, mungkin kalian bosan dengan tampilan Shogun 125 R yang cupu
kurang gaul untuk anak muda sah-sah aja kalau anda mau negbodif tampilannya
menjadi Shogun SP. Baiklah langsung saja saya akan merinci bahan-bahan apa yang
di perlukan untuk merubah tampilannya,,,,
Langsung aja gua tunjukin gambar
yang pertama :
Gambar dudukan cakram Nissin 1 piston
Ini gambar posisi cakram belakang
untuk Shogun SP hasil rombakan dari Shogun 125 R, yang perlu di ingat kamu
jangan sekali-kali beli rem cakram yang 2 piston untuk satria walat yang 2 tak,
karma rem cakram 2 piston punya satria 2 tag tidak cocok untuk di pasang pada
Shogun karna terlalu besar sehingga tidak muat untuk di masukkan di antara
celah panggaan dan Stormbreges belakang, dan dudukan cakramnya juga tidak cocok
untuk di pasang di Shogun. Cakram yang cocok adalah punya satria FU karna 1
piston dan dudukan cakramnya cocok kalau di pasang di Shogun 125 R.
Gambar Cakram Belakang 2 Piston yang tidak cocok
Brikutnya adalah cara membuat dudukan Pompa cakram
belakang, yanitu dengan menempelkannya menggunakan plat yang di las si
rangka batang motor seperti pada gambar di bawah, yang perlu di perhatikan pada
saat mengelas adalah jangan sampai terkena nomor rangka, karna dapat merusak
dan menyulitkan anda dalam membayar pajak motor anda nantinya. Untuk pijakan
remnya bisa anda modif sedikit dengan memotong tungkai pijakan rem yang lama
dan di cocokkan ke alat pompa piston agar bisa ngerem waktu di injak
Gambar dudukan pompa cakram belakang
Untuk memper indah tampilan anda bisa mengecatnya lagi denga cat semprot,,,,
kalau saya belum sempat ngecatnya lagi karna dana sudah habis dan lagi malas
ngebongkarnya lagi,,,, he he he
Berikutnya
Supaya cakram tidak lari atau tidak berpindah saat mengerem, anda harus
menempelkan lagi besi sebesar kelingking anda pada panggaan motor anda untuk
mengganjal dudukan cakram supaya tidak bergeser dan berpindah posisi saat pengereman.
Setelah itu anda tinggal membeli tromol satria FU dan memasang jari-jarinya,
ingat jangan membeli tromol satria 2 tag walet kadang penjual toko suka resek
menjual barang yang tidak cocok tapi mengatakan barang itu cocok, tromol untuk
satria walet memiliki lubang 4 buah untuk cakramnya sedangkan satria FU 3 buah
sesuai dengan lubang baut yang ada di cakram satria FU.
Gambar tromol dan cakram belakang
Kalau pada gambar saya menggunakan tromol satria 2
tag walet karna tidak ada pengalaman jadi saya salah beli barang dan gak
mungkin di kembalikan lagi barang yang sudah di beli, akibatnya saya harus
membuat rombakan-rombakan tambahan pada motor saya, sebelumnya saya juga
membeli rem ckram yang 2 piston punya satria 2 tag dudukannya tidak cocok. Saya
kena tipu sama penjual katanya ini cocok untuk shogun padahal semua nya tidak
cocok sromol ama sekali sehingga saya harus memutar kepala untuk mencari ide lagi.
Gambar rem cakram yang tidak cocok sudah saya tampilkan pada bagian atas. Mohon
kepada sobat jangan sampai salah beli.
Selanjutnya
Untuk mempertegas kalau ini Shogun SP anda harus
mengganti sayap depannya, karna sayap denpan Shogun R dan SP berbeda. Shogun R
lebih kecil sedangkan Shogun SP agak lebat dan mempunya lekukan sedikit di
pangkalnya. Jadi ketika beli jangan sampai tertipu lagi ya,,, sayap Shogun SP
ini lumayan Sulit di cari karna sudah langka, belilah di toko yang grosir
mungkin masih ada.
Gambar sayap depan Shogun SP
Saya anggap selesai urusan cakramnya, sekarang bagian yang sangat menonjol
iya sebennya.... Pernah saya tanya sebeng Shogun SP yang asli ini harganya Rp
600.000 kan gila aja gwe sampai keluar uang segitu, jadi saya berinisiatif
untuk berburu barang sekennya saja untuk ketemu dan saya dapat warna biru,
disini saya masih menggunakan pelek jari-jari karna saya suka yang bling-blik
tapi minusnya tidak bisa di pasang ban tubles,
seperti ini tampilannya setelah di modif menjadi Sgogun SP
Nah kalau dah jadi Seperti ini
Nah ini rincian barang dan harganya
- Rem cakran belakang Nissin 1 Piston + Cakram Rp 230.000
- Tromol satria F untuk cakram belakang Rp 90.000
- jari-jari Rico crom untuk tromol belakang Rp 40.000
- Sebeng kiri kanan Shogun SP (Second) Rp 230.000
- Sayap depan shogun SP Rp 130.000
- List/striping Shogun SP Rp 50.000
- Sock belakang YSS Rp 300.000
- Perkiraan Ongkos Pasang dan Modif Rp 250.000
Total Rp 1.320.000
Lumayan gan uangnya untuk ngemodifnya,,,, taksiran ane, paling tidak 1,5
juta gak kemana tu buatnya,,,, apalagi kalau beli pelek racing dan Knalpot
aslinya yang warna putih itu lebih mahal lagi. Kalau ane mungkin udah 2 juta
lebih karna kebnayakan salah beli barangnnaya ha ha haiiiii.....
SELAMAT MENCOBA SEMOGA SUKSES,,,,
makasi infonya bg, sayangnya ane juga salah beli bg, skrg jdi bingung mau masangnya, terbeli yg 2 piston pula bg..
BalasHapusbang kalo shogun 110 R dipasang rangka shogun RR/NR/SP bisa ga yaa? *nice infonya gan... :)
BalasHapusKalo untuk pengaplikasian ke arashi gimana gan.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKlo cara ngemodif shogun 110 psang cakram belakang gimana gan??
BalasHapusKalo behel/plenger shogun r di ganti punya sho
BalasHapusgun sp bisa gk gan kira"?
Lhaaa, rem depane cemen lah kalo gak giga disc.
BalasHapusTruz klu mau di kopling ,dan agar masuk giginya bisa depan ke belakang itu harus di ganti apa di bagian mesin tolong infonya
BalasHapusjadi kalo shogun 125r ganti tebeng shogun SP bisa ya ,tidak ada yang perlu di rubah ??
BalasHapus